Grammar Bahasa Inggris : Question Sentence, Pemahaman Dan Pola Penggunaan Kalimat


Question Sentence atau kalimat Interogative yakni kalimat yang bertanya eksklusif dan senantiasa di akhiri dengan tanda tanya. Kalimat interogatif difungsikan untuk mendapat informasi, konfirmasi atau penolakan kepada suatu pertanyaan. Question sentence mempunya jenis jenis, berikut yakni jenis jenis dari question sentence :

Yes/No Question

Jenis kalimat ini dibikin dengan cara menukar posisi subject dan auxiliary (will, may, shall, can, must, do) atau linking verb "be" (is, am, are). Namun jikalau cuma ada main verb maka permulaan kalimat menggunakan do/does/did. Jawaban dari Yes/No question yakni Ya (yes) atau Tidak (no).

Seperti kalimat pada umumnya, question sentence juga terdapat kalimat posstive dan kalimat negative, berikut dibawah kita membahas kalimat Possitive Interogative atau Kalimat tanya Positive :

Contoh :

(+) She will win the champion.

(?) Will she win the champion ?

(-) They will not be the winner.

(-?) Will they not be the winner ?

Kita evaluasi kalimat kalimat diatas. Teman teman dekat lihat di bab Kalimat positive pertama dahulu, disana ada Subject She kemudian verbnya yakni Will dan Win, will selaku Verb Auxiliary sedangkan win selaku Verb ordinary. Jika ingin diubah ke kalimat Question, maka Verb Auxiliary nya bertukar dengan Subject nya, atau istilahnya yakni Pola inversi atau pola bolak balik. dengan begitu pola kalimat yang telah di ubah tadi telah terbentuk menjadi kalimat Yes/No question yang cuma memerlukan respon Yes/no. Udah kek nembak gebetan aja ya ehehe.

Information Question

Informatin question yakni kalimat pertanyaan yang memerlukan respon berupa gunjingan baik wacana pelaku dari suatu insiden atau pun kawasan terjadinya suatu peristiwa. Ciri ciri dari Information question ini yakni diawali dengan question word, berikut yakni question words nya :


Didalam question sentence terdapat aturan, yakni untuk Menanyakan Subject dan Menanyakan Selain Subject.

Untuk Menanyakan subject terdapat sub lagi yakni untuk subject secara keseluruhan atau cuma bab dari subject. Dibawah ini yakni teladan kalimat, dan pola dalam menanyakan subject secara keseluruhan :

Pola dari menanyakan subject secara keseluruhan yakni : Question word + verb + ? sedangkan untuk question word nya yakni : What/who, tapi ada sedikit catatan :

Catatan !
Verb sehabis Question Word senantiasa berupa Verb singular (is, does, cathes, drives, etc) kecuali Simple past.

Berikut dibawah teladan kalimat untuk menanyakan subject secara keseluruhan :

Contoh :

(+) The monkey ate banana.

(?) What ate banana ?

(-) The cat catches a mouse.

(-?) What catches a mouse ?





Nah, jikalau tadi untuk menanyakan seluruh subject, kini aturannya yakni untuk menanyakan bab dari subject, pola dari menanyakan bab dari subject yakni : Question word + Noun + Verb + ? sedangkan untuk question words nya yakni : Whose, which, how many, how much dengan catatan Verb menyesuaikan Noun. Berikut dibawah yakni teladan kalimat menanyakan bab dari subject :

A man needs help
How many men need a help ?
Whose needs a help ?

Diatas kita telah menghasilkan question sentence untuk Menanyakan Subject dan beberapa aturannya, seakrang kita menghasilkan question sentence untuk Menanyakan Selain Subject dan hukum aturan atau jenis nya.

Catatan !
Terdapat pola inversi (pola bolak balik) antara Verb auxiliary dan Subject

Menanyakan Aktivitas

Pertama kita menghasilkan Question Sentence Menanyakan Selain Subject dengan jenis atau hukum yakni Menanyakan Aktivitas, pola nya yakni : Question Word + Auxiliary + Subject + Subject + Ordinary + Object + Adverb ? dan Question word nya : What

Catatan !
Ubah Verb ordinary menjadi

Do jikalau tenses Simple
Doing jikalau tenses Continous
Done jikalau tenses Perfect

Lalu Hilangkan object

Menanyakan Objek

Pertama kita menghasilkan Question Sentence Menanyakan Selain Subject dengan jenis atau hukum yakni Menanyakan Objek, pola nya yakni : Question Word + Auxiliary + Subject + Verb + Object + Adverb + ? dan Question word nya : Whom (Person), what (non-person)

Menanyakan Adverb

Pertama kita menghasilkan Question Sentence Menanyakan Selain Subject dengan jenis atau hukum yakni Menanyakan Adverb, pola nya yakni : Question Word + Auxiliary + Subject + Verb + Object + Adverb ? dan Question word nya : Where, when, why, how

Dan dibawah ini Kita akan buat semua teladan dari pola pola diatas :

Some brave police have arrasted a thief well
  1. How many brave police have arrasted a thief well ?
  2. Which police have arrasted a thief well ?
  3. Who has arrasted a thief well ?
  4. What have some brave police done well ?
  5. Whom have some brave police arrasted well ?
  6. How have some brave police arrasted a thief ?

Sekian dahulu bahan Question Sentence nya, untuk update selanjutnya saya akan membagikan bahan Passive Voice, dinantikan saja hehe. Jika teman dekat sahabat masih galau boleh tanya melalui komentar kita diskusi bareng. Terimakasih telah berkunjung di blog ini, See you papay.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel