Belajar Grammar Bahasa Inggris Chapter 5 : Sentence Classification


Sentence Classification

Sentence atau Kalimat merupakan susunan dari beberapa kata yang mempunyai makna. Dalam mempelajari bahasa pasti kita akan menghadapi yang namanya kalimat. Dalam bahasa Inggris, kalimat disebut dengan "Sentence". Bagi Teman sobat yang sedang mempelajari grammar atau mungkin sedang mengafal vocabulary Bahasa Inggris telah niscaya akan menghasilkan kalimat dengan tujuan mudah-mudahan sanggup lebih mengetahui grammar atau untuk mempertahankan hafalan mudah-mudahan tidak gampang lupa. Saat sobat kawan dekat berbicara, berpidato, berpuisi, bahkan bernyanyi pun kita menggunakan yang namanya kalimat. Bahasa Inggris mempunyai beragam jenis kalimat sesuai dengan keadaan penyusunannya. Sangat penting bagi kita untuk mengenali jenis-jenis kalimat dalam bahasa Inggris. Oleh alasannya merupakan itu kali ini aku akan membahas mengenai Pengelompokan Kalimat, Sentence Classification atau pengelompokkan kalimat ini mempunyai 2 Jenis, Based on its Ordinary dan satunya Based on its Form.

1. Based on its Ordinary

A. Verbal Sentence (Kalimat verbal)
Kalimat mulut ini merupakan kalimat yang menggunakan verb (kata kerja). Kata kerja yang dipakai mengikuti pada subjek serta waktu kejadian. Seperti kalau ia simple present, maka kalimat menggunakan kata kerja bentuk pertama (Verb1), atau kalau kalimatnya past tense maka akan menggunakan Verb2, dan seterusnya. Nah, kalimat mulut ini verb ordinary nya yang selain anggota Be.

Contoh kalimat Verbal :

He writes a note.

yang mana kata kerja dari kalimat diatas merupakan Writes, dan writes merupakan bukan anggota Be jadi kalimat diatas merupakan Verbal Sentence atau kalimat verbal.

B. Nominal Sentence (Kalimat nominal)
Kalimat nominal merupakan kalimat yang tidak menggunakan kata kerja murni, tetapi disini ia menggunakan kata kerja bantu atau yang disebut dengan Verb Be (is, am, are, was, were). Be (termasuk bab dari linking verb) yang menghubungkan antara subjek dengan subjek pemanis (subjcetive complement).

Contoh kalimat nominal :
They were diligent.

Kita lihat ditas kata kerja dari kalimat diatas merupakan were, were merupakan anggota dari Be.

2. Based on its Form

A. Statement Sentence
Statement sentence merupakan kalimat yang dipakai untuk menghasilkan statement (pernyataan), berupa fact (fakta) atau opinion (pendapat). Statement sentence merupakan tipe kalimat yang paling kerap digunakan.

Jenis :

1. Kalimat Positive (Subject + Verb + Object)
2. Kalimat Negative (Subject + Verb Auxiliary + not + Verb Ordinary)
Contoh Kalimat :

1. I will help you (Kalimat Positif)
2. I will not help you (Kalimat Negatif)
b. Question Sentence
Question Sentence merupakan kkalimat tanya yang diakhiri dengan Question mark.

Jenisnya :
1. Yes/no Question (Verb Auxiliary + Subject + Verb Ordinary + Object + ?)
2. Information Question (Question Word + Verb Auxiliary + Subject + Verb Ordinary + Object + ?)
Contoh Kalimat :

1. Will you help me ?

Kalimat diatas merupakan kalimat yes/no question, sesuai dengan polanya, Verb auxiliary nya berada diawal kalimat kemudian dilanjutkan dengan subject kemudian verb ordinary nya kemudian object dan jangan lupa dengan Question mark nya.

2. When will you help me ?

Nah diatas merupakan Information Question, yang mulanya merupakan kata tanya kemudian verb auxiliary kemudian subject kemudian verb ordinary serta object dan jangan lupa question mark nya.

C. Imperative Sentence
Imperative sentence merupakan sentence type (tipe kalimat) yang dipakai untuk menghasilkan perintah (command), usul (request), atau isyarat (instruction).

Jenis Jenis nya :

1. Imperative Positive (Kalimat Perintah)
Polanya (Verb 1 + (Noun) + !)

Contoh Kalimat :
Open the Door !

2. Imperative Negative (Kalimat larangan)
Polanya (Don't + Verb 1 + (Noun) + !)

Contoh Kalimat :
Don't open the door !

3. Invitation (Kalimat Ajakan)
Polanya (Let's + V1 + !)

Contoh Kalimat :
Let's open the door !


D. Exclamatory Sentence
Exclamatory sentence merupakan kalimat yang untuk menyatakan perasaan yang mempunyai dampak (strong feeling) lewat seruan. Sentence type ini diakhiri oleh tanda baca exlamation mark (tanda seru).

Polanya (How + adjective/adverb + Subject + Verb + !)

Contoh Kalimat :

How diligent danis is !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel