C++ : Pemahaman Function Dan Teladan Program



Fungsi atau Function ialah suatu acara terpisah dalam bloks sendiri yang berfungsi selaku subprogram. Fungsi memiliki nilai kembalian atau return value dari tipe tertentu. Bentuk lazim dari Function yakni selaku berikut:

Tipe_Data nama_fungsi(daftar_parameter){ return nilai_return; }

Nah untuk Contoh Program dari fungsi yakni selaku berikut :

#include <iostream> using namespace std; int jumlah (int x, int y){ return x+y; } int main(){ int a=5, b=6, c=8, d=11; cout<<"a + b = "<<jumlah(a,b)<<endl; cout<<"c + d = "<<jumlah(c,d); }

Dan dibawah ini yakni hasil output dari acara yang sudah di buat sebelumnya :

a + b = 11
c + d = 19
--------------------------------
Process exited after 0.3976 seconds with return value 0
Press any key to continue . . .

Prosedur

Prosedur ialah suatu acara terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi selaku subprogram. Prosedur lazimnya bersifat suatu aktivitas menyerupai mencari bilangan prima dari sekumpulan bilangan atau mencari bilangan genap dari sekumpulan bilangan. Prosedur lazimnya dipakai dalam pemrograman terstruktur, karena:

  1. Merupakan penerapan rancangan acara modular, yakni memecah mecah acara yang rumit menjadi acara program bab yang lebih sederhana dlam bentuk mekanisme prosedur.
  2. untuk hal-hal yang sering dilakukan/dipakai berulang ulang, cukup dituliskan sekali saja dalam bentuk mekanisme dan dapa di pergunakan atau dipaling beberapa kali kalau diperlukan.
  3. Membuat instruksi acara lebih gampang dibaca / dikenali utamanya oleh programmer lain.
  4. Dapat dipakai untuk menyembunyikan rincian program.

Bentuk lazim dari prosedure yakni :

void nama_fungsi(parameter){ statement; }

Dan dibawah ini yakni Contoh Program dari prosedure yang saya gabung dengan function :

#include <iostream> using namespace std; //Ini yakni function int jumlah (int x, int y){ int hasil = x+y; return hasil; } //Ini yakni void void jumlah1 (int x, int y){ int hasil = x+y; cout<<"\nIni Menggunakan Prosedur, Jumlahnya adalah\t: "<<hasil; } //Ini function int main(){ int a, b; cout<<"Masukkan Nilai Pertama\t: "; cin>>a; cout<<"Masukkan Nilai Kedua\t: "; cin>>b; cout<<"\nIni menggunakan Fungsi, Hasil Penjumlahan nya adalah\t: "<<jumlah(a,b); jumlah1(a,b); return 0; }

Diatas yakni teladan dari mekanisme yang saya gabung dengan Fungsi dalam satu program. Dan inilah hasil outputnya :

Masukkan Nilai Pertama : 210
Masukkan Nilai Kedua : 312

Ini menggunakan FUNCTION, Hasil Penjumlahan nya Adalah : 522
Ini Menggunakan PROSEDUR, Hasil Penjumlahan nya Adalah : 522
--------------------------------
Process exited after 5.241 seconds with return value 0
Press any key to continue . . .

Jadi, Perbedaan Fungsi dan Prosedur adalah:
  1. Pada fungsi, tipe data nilai yang diantarkan balik (return value) terdapat pada nama fungsinya, sedangkan mekanisme tak punya return value atau nilai kembalian.
  2. Karena nilai balik berada di nama fungsi tersebut, maka fungsi tersebut dapa eksklusif dipakai untuk dicetak hasilnya. Atau nilai fungsi tersebut sanggup juga eksklusif dipindahkan ke pengenal variabel lainnya.
  3. Pada prosedur, nama mekanisme tidak sanggup dipakai eksklusif tidakseperti pada nama Fungsi, yang sanggup eksklusif dipakai dari suatu mekanisme yakni parameternya yang mengandung nilai balik.

Sekian artikel tentang fungsi dan prosedure, terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Jika ada yang ingin ditanyakan boleh isi kolom komentar, kita diskusi bareng. See you papay

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel