C++ : Teladan Kegiatan Memperlihatkan Nilai Siswa Sesuai Dengan Keadaan If - Else



Dimateri ini aku akan menghasilkan soal dan sekaligus berbagi kesibukan dari soal tersebut. Soalnya tidak rumit, disoal ini kita akan memakai if bertingkat, nah bagaimana bentuk soalnya mari lihat di bab bawah ini.

Contoh Soal

Buat suatu kesibukan C++ yang sanggup memperlihatkan nilai aksara sesuai dengan keadaan (Menggunakan if-else, dan berikut yakni kondisi-kondisinya :
  • Jika angka bernilai 0 - 50 maka outputnya yakni "Nilai E".
  • Jika angka bernilai 51 - 60 maka outputnya yakni "Nilai D"
  • Jika angka bernilai 61 - 70 maka outputnya yakni "Nilai C"
  • Jika angka bernilai 71 - 80 maka outputnya yakni "Nilai B"
  • Jika angka bernilai 81 - 100 maka outputnya yakni "Nilai A"
  • Jika angka Negatif atau Lebih Besar dari 100 maka tuliskan "Input Error"

Baik, diatas yakni soalnya, nah bagaimana mengerjakannya ? baik aku akan menghasilkan programnya di bawah.

#include <iostream> #include <conio.h> using namespace std; int main() { int nilai; cout<<"Masukkan Nilai Siswa : "; cin>>nilai; //Untuk nilai 0-50 if((nilai>=0)&&(nilai<=50)){ cout<<"Nilai Siswa E"<<endl; } //Untuk nilai 51-60 else if((nilai>=51)&&(nilai<=60)){ cout<<"Nilai Siswa D"<<endl; } //Untuk nilai 61-70 else if((nilai>=61)&&(nilai<=70)){ cout<<"Nilai Siswa C"<<endl; } //Untuk nilai 71-80 else if((nilai>=71)&&(nilai<=80)){ cout<<"Nilai Siswa B"<<endl; } //Untuk nilai 81-100 else if((nilai>=81)&&(nilai<=100)){ cout<<"Nilai Siswa A"<<endl; } //Inputan salah else{ cout<<"Inputan Anda Salah"; } getch; return 0; }

Nah diatas sana aku sudah berbagi programnya, ada yang masih resah ? Kalo anda resah aku juga resah haha, apa sih tujuannya ? Nah di sini maksud dari Logika If - Else yakni Jika keadaan bernilai benar, maka perintah akan dijalankan. Jika keadaan bernilai salah, maka perintah tidak akan dilaksanakan dan akan di masukkan ke keadaan Else. 

Masukkan Nilai Siswa : 10
Nilai Siswa E

--------------------------------
Process exited after 3.868 seconds with return value 0
Press any key to continue . . .

Nah bagaimana jika diinputkan angka lain ? Sesuai dengan keadaan yang sudah di buat, jika kita contohkan dengan angka 89 maka keluarannya yakni nilai Huruf A.

Masukkan Nilai Siswa : 89
Nilai Siswa A

--------------------------------
Process exited after 3.868 seconds with return value 0
Press any key to continue . . .

Kira kira begitulah klarifikasi singkat nan tidak terperinci XD silakan ngoding dahulu kalo nggak terperinci anda sanggup tanya pribadi ke aku melalui kolom komentar kita diskusi bareng. Terima kasih sudah berkunjung di Blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel